HUT Banyuasin, 97 Pengiat Ikut Festival Layang-Layang

BANYUASIN, Garda45.com – Mewakili Penjabat Bupati Banyuasin H. Hani Syopiar Rustam, SH Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Banyuasin, H.M Yusuf secara simbolis membuka Festival Olahraga Layang-layang dalam rangka Peringatan HUT Banyuasin ke 22 Tahun 2024. Jumat (26/04/2024) bertempat di halaman kantor Bupati Banyuasin.

Festival Layang-Layang diadakan dalam rangka HUT Kabupaten Banyuasin yang ke-22 tahun ditandai dengan penarikan layang-layang pertama oleh Kepala Disporapar HM. Yusuf, dalam sambutannya layang-layang ini begitu sangat mewarnai kemeriahan HUT Kabupaten Banyuasin yang ke-22 Tahun dan layang-layang adalah aset yang mampu menggerakan ekonomi kerakyatan pariwisata.

Dalam Rangka HUT Banyuasin Ke 22 Tahun
“Hari ini hadir total ada 97 peserta yang ikut pada hari ini ada juga peserta dari sungai lilin. Era sekarang layang-layang dapat dilukis sedemikian rupa, sehingga bernilai ekonomi dan pada akhirnya diharapkan dapat membangkitkan ekonomi kerakyatan.” ujarnya
Ditambahkan Ka Disporapar Banyuasin HM Yusuf menjelaskan dirinya akan berkoordinasi dengan KORMI Banyuasin agar dapat menyelenggarakan festival layang-layang yang lebih besar dalam rangka menyambut HUT RI nanti.

“Nanti kita akan mengadakan kembali festival layang-layang bersama dengan KORMI yang merupakan leading sektornya, InsyaAllah Agustus mendatang,” Terang Usup.

Sementara itu Azmi mengatakan kegiatan yang digagas oleh KORMI Banyuasin dan Disporapar ini adalah hal yang luar biasa dan dapat meningkatkan pariwisata di kabupaten Banyuasin melalui olahraga-olahraga tradisional.

“Dalam kegiatan tersebut juga akan di undang tokoh pemuda dari IKM Banyuasin Sanak Azmi Chandra ST sebagai anggota Bidang Organisasi, Sanak Aprilian Angga Sebagai ketua Pemuda serta para pencinta dan penggiat layang- layang,” ujar Azmi.

“Layang-layang adalah salah satu permainan Tradisional di Indonesia yang sudah hampir hilang tergerus moderenisasi jaman di era digitalisasi ini, dengan hadirnya para pecinta layang-layang yang ada di Banyuasin, kami berharap kedepannya permainan ini bisa terus dilestarikan di Bumi Sedulang Setudung tercinta ini, selain itu melalui permainan layang-layang dapat meningkatkan pariwisata yang ada di Banyuasin,” tambahnya.

Azmi selaku Korlap lomba layang-layang Danguang menjelaskan teknis lomba layang-layang tersebut terdiri dari dua nomor dan diikuti puluhan pegiat layang-layang.

“Kita perlombakan layang-layang Danguang kecil dan besar, serta diikuti 97 orang pegiat layang-layang dari kabupaten Banyuasin serta tamu undangan dari Sungai Lilin dari kabupaten Musi Banyuasin,” Pungkasnya

Kegiatan tersebut turut hadir Ka Disporapar HM Yusuf dan Jajaran, Kadis perpustakaan Arsip Daerah Antoniliando, Ketua IKM H Gusra Yetri SH, Sekretaris KORMI Banyuasin Suhaimi SH dan para peserta dari berbagai club layang-layang yang tersebar di Wilayah kabupaten Banyuasin dan ada juga dari Sungai Lilin kabupaten Musi Banyuasin.

(ABS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *