Membangkitkan Ekonomi Ditengah Pandemi, Mahasiswa KKN UMRI Kelompok 15 Gandeng UD.Mamak Kito

PEKANBARU, Garda45.com – Mahasiswa KKN Kelompok 15 Universitas Muhammadiyah Riau menggelar Sosialisai dan penyuluhan dalam upaya meningkatkan ketahanan perekonomian umunya terhadap UMKM pada masa Pandemi Covid-19.

Kegiatan berlangsung 2 hari yakni pada tanggal 15s/d16 Agustus 2020. Mahasiswa melangsungkan acara kelokasi UMKM terdekat yakni di Jl.Cipta Karya, Perumahan Trans Jasa.

Para peserta merupakan Pelaku UMKM dan para Mahasiswa KKN. Kegiatan ini digelar untuk membangkitkan semangat para Bapak/Ibu yang memiliki usaha UMKM atau bahkan mampu membuat dorongan bagi yang belum melakukan UMKM.

Berdasarkan wawancara langsung yang dilakukan mahasiswa terhadap salah satu UMKM yakni Bapak Syamsuarman yang memiliki usaha “Kerupuk Kulit UD.Mamak kito”. Pak syamsuarman memaparkan kenapa ia memilih usaha tersebut karena ”Kerjaan itu kita lakukan asalkan berpenghasilan halal, Yang terpenting kita memiliki usaha dan kemauan.”paparnya

Menurutnya, peghasilan semasa pandemi ini megalami penurunan dari sebelumnya, karena banyak pelanggan yang melakukan pembayaran tertunda atas produk yang dijualkannya

“Penghasilan memang sangat jauh beda dengan sebelumnya. Walau demikian kita tetap semangat dan jangan pantang menyerah dalam melakukan usaha harus maju terus.”Ujar Syamsuarman

Syamsuarman mengharapkan perkembangan atas usahanya, agar bisa menunjukkan usahanya kepada masyarakat luas.”harapnya

Hasil yang dikutip mahasiswa dari wawancara terhadap salah satu pelaku UMKM tersebut kurangnya media promosi, dan masih banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengembangkan usaha tersebut.

Menurut mahasiswa KKN Kelompok 15 memaparkan bahwa masa pandemi ini bisa kita jadikan peluang untuk membuka usaha karena UMKM ini akan menjadi kebutuhan warga dengan berkurangnya barang-barang impor yang masuk.

“Jadi setiap warga negara memiliki kebutuhan tersendiri, inilah yang menjadi peluang bagi pelaku UMKM dalam menjalankan usaha.”ujar mahasiswa KKN kelompok 15 itu

Dalam kesempatan itu, Mahasiswa kelompok 15 itu memaparkan bagaimana cara mengembangkan UMKM pada masa pandemi ini, yakni dengan membuat inovasi-inovasi terhadap produk, membuat kemasannya lebih menarik, melakukan promosi di media sosial seperti facebook, instagram, dll.

Informasi yang di himpun media ini bahwa Mahasiswa KKN UMRI Kelompok 15 akan membantu Bapak Syamsuarman dalam melakukan promosi atas usaha yang sedang dijalankannya, dan harapan mahasiswa terhadap pelaku UMKM agar tidak pantang menyerah dalam menjalankan usahanya, dan mari kita kembang UMKM dengan memanfaatkan Tekhnologi yang kita miliki.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*