Pemko Pekanbaru Gelar Rapat Penyusunan RKPD 2024, Infrastruktur, Pendidikan Hingga Pemilu Jadi Prioritas

PEKANBARU, Garda45.com – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menggelar rapat pembahasan penghitungan kapasitas riil keuangan daerah dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Pekanbaru Tahun 2024 dan pembahasan tahapan aspirasi pokok-pokok pikiran DPRD Tahun 2024 dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2024 Kota Pekanbaru, Rabu (11/1).

Pj Sekda Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution mengatakan rapat ini merupakan rapat pendahuluan terkait penyusunan RKPD 2024. Dimana, Pemko Pekanbaru akan memasukkan program prioritas yang selama ini paling dibutuhkan warga.

“Ini masih rapat pendahuluan ya, nantinya akan ada rapat-rapat pembahasan teknis yang lebih mendalam. Kita akan menyusun RKPD atau rencana pembangunan daerah. Mungkin kita akan prioritaskan program penanganan banjir, jalan berlubang, ada juga Pemilu dan sebagainya,” ujarnya.

Menurutnya, penyusunan program RKPD 2024 akan mempertimbangkan aturan yang berlaku di UU Nomor 1 tentang Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah. Oleh karena itu, setiap OPD harus bersiap dan melakukan inventarisasi potensinya masing-masing, kendala dan upaya untuk menyumbangkan ke penerimaan daerah nantinya.

“2024, akan ada berlaku UU Nomor 1 Tahun tentang hubungan keuangan pusat dan daerah, strukturnya berubah. Kita akan sesuaikan dalam penyusunan target 2024. Makanya, kita minta kawan OPD menyusun kertas kerja, kemudian menginventarisi kendala yang akan ada nantinya. Juga upaya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah ini,” jelasnya.

Indra Pomi menyebut, program daerah di 2024 diperkirakan akan mengacu pada kesehatan, pendidikan, infrastruktur, dan Pilkada. Sehingga program-program yang dibentuk akan berkaitan dengan isu-isu tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *