Penutupan Pelatihan Awak Satkamling Riau, Siap Jaga Keamanan Jelang Pilgubri 2024

PEKANBARU, Garda45.com – Penutupan Pelatihan Awak Satkamling Tahun 2024 berlangsung dengan khidmat di Hotel Evo, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, pagi tadi. Acara yang dimulai pukul 07.30 WIB ini dihadiri oleh Direktur Binmas Polda Riau, Kasubdit Bin Satpam/Polsus, Kasat Binmas Polresta Pekanbaru, personil Dit Binmas Polda Riau, dan personil Binmas Polresta Pekanbaru.

Dalam sambutannya, Direktur Binmas Polda Riau, Kombes Pol. Rudi Abdi Kasenda mengungkapkan rasa syukur atas terselenggaranya pelatihan ini yang diselnggarakan selama 2 hari Senin dan Selasa Tgl 27 dan 28 Mei 2024.

dalam rangka meningkatkan sinergitas Polri dan Pam Swakarsa untuk mewujudkan kondisi kamtibmas yang kondusif menjelang Pemilukada 2024 dan program pembangunan nasional.

“Kegiatan perekonomian masyarakat yang semakin meningkat harus didukung dengan situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif. Polri, khususnya Polda Riau, akan berupaya semaksimal mungkin mewujudkan keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam kegiatan sehari-hari yang didukung Pam Swakarsa dengan tindakan preemtif, preventif, dan represif terhadap gangguan kamtibmas,” ujarnya.

Kombes Pol. Rudi mengharapkan apa yang didapatkan dalam pelatihan ini segera diterapkan pada Satkamling di wilayah masing-masing dengan berkoordinasi dan bekerja sama antara Bhabinkamtibmas dan Polsek setempat sehingga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat dapat terpelihara dengan baik.

“Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan gambaran dalam pelaksanaan Satkamling di jajaran Polda Riau, koordinasi dan kolaborasi antara Polri dan masyarakat dalam memelihara keamanan dan ketertiban di wilayah lingkungannya,” tambahnya.

Kombes Pol. Rudi menegaskan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk menguatkan peran Satkamling sebagai pengemban tugas sesuai Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia Pasal 3, 14, dan 16 serta Peraturan Kepolisian Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

“Para Kasat Binmas dan Kanit Binmas dapat bekerja sama dengan masyarakat sebagai pengawak Satkamling di masing-masing wilayah dan meningkatkan keterampilan setelah pelatihan ini” ujarnya.

Peran Satkamling dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Polda Riau sangat dibutuhkan, terutama menjelang pesta demokrasi Pemilu Gubernur Riau 2024.

Dengan pelatihan ini, diharapkan Satkamling di Riau semakin siap untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, khususnya dalam menghadapi Pemilihan Gubernur Riau 2024 mendatang.

Cinta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *