Bupati Bengkalis Minta UPZ Masjid dan Mushalla Laksanakan Amanah Ikhlas

DURI, Garda45.com – Bupati Bengkalis Kasmarni meminta Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Masjid dan Mushalla melaksanakan tugas dan amanah sebagai pengurus UPZ secara ikhlas, cerdas dan tuntas dalam mengoptimalkan pengumpulan zakat.

Hal itu sebagaimana disampaikan Bupati Kasmarni melalui Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra Andris Wasono kala membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kompetensi amil UPZ Masjid dan Mushalla rayon IV Kecamatan Mandau dan Bathin Solapan Kamis, 29 Februari 2024 di aula Hotel Harpiyah.

“Kami melihat pengumpulan dan pengelolaan zakat oleh Baznas Kabupaten Bengkalis, terus mengalami perkembangan yang cukup baik dan signifikan dari tahun ketahun, tentunya kami berharap, kedepannya, kinerja Baznas ini akan terus membaik dan berprestasi, melalui berbagai terobosan dan inovasi, agar potensi pengumpulan zakat, infaq dan sedekah di Negeri Junjungan ini bisa kita optimalkan,” pungkasnya.

Dilanjutkan Asisten 1 Andres Wasono, besarnya potensi zakat yang dimiliki saat ini, tentunya tidak akan tercover sendiri oleh komisioner Baznas yang personilnya cukup terbatas.

Akan tetapi, segala potensi tersebut, tentunya dapat dioptimalkan, jika adanya sinergi serta dukungan penuh dari para amil yang berada di unit pengumpul zakat baik di kecamatan, desa, kelurahan, Masjid dan Mushalla, serta tempat-tempat lainnya, sesuai peran dan fungsinya

“Makanya, keberadaan bapak/ibu sebagai pengurus UPZ Masjid dan Mushalla perlu kita tingkatkan kompetensinya melalui bimbingan tekhnis ini, agar kedepannya memiliki kemampuan lebih terkait pengumpulan zakat, infaq dan sedekah, dengan mengerahkan segala tenaga dan pikirannya serta dapat melakukan operasionalisasi zakat, infaq dan sedekah menjadi lebih baik,” pungkas Andris.

Dibeberkan Andres Wasono, Saat ini begitu banyak Masjid dan Mushalla dirayon IV, dari sekian banyaknya jika mampu bersinergi, berkolaborasi, saling membantu dan terus berusaha dalam pengumpulan dan pemberdayaan zakatnya, tentu akan menjadi potensi besar pula dalam upaya mensejahterakan masyarakat melalui pemberdayaan zakat secara terstruktur, terarah dan sistematis.

“Untuk itu, kepada pengurus UPZ Masjid dan Mushalla kami berharap, agar dapat mengikuti bimtek ini dengan serius dan semangat, agar kedepannya dapat lebih berdaya dan berhasil guna,” pintanya.

Turut hadir dalam pembukaan bimtek tersebut Wakil ketua 1 Baznas Kabupaten Bengkalis Risman Hambali, Kepala Dinas Perikanan Kholijah, Direktur RSUD Mandau Sylvia Febriani, Kapolsek Mandau diwakili Kanit Bimas AKP. Indra Varenal, Danramil Mandau Kapten Jemi Rianto serta peserta Bimtek berjumlah 98 orang.**

Inf/ivan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *