Pemkab Siak Kembali Terima Penghargaan Adipura ke 6 kalinya

Jakarta , Garda45.com – Kabupaten Siak kembali mendapatkan Penghargaan Adipura untuk tahun 2023, Kategori Kota kecil Terbersih dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Penghargaan yang ke – 6 kali berturut-turut diraih oleh Ibu kota Kabupaten Siak ini, yakni Kota Siak Sri Indrapura, diserahkan langsung Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Alue Dohong kepada Wakil Bupati Siak Husni Merza, di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Jakarta, Selasa 5/3/2024).

“Alhamdulillah, hari ini Kabupaten Siak kembali meraih Penghargaan Adipura tahun 2023 khususnya untuk Kota Siak Sri Indrapura dengan Kategori Kota Kecil. Penghargaan ini merupakan penghargaan ke.6 kalinya secara berturut-turut diraih”, ucap Wabup Husni saat dijumpai seusai menerima penghargaan.

Husni juga menambahkan, dengan diraihnya penghargaan Adipura untuk yang ke – 6 kalinya ini, menjadi semangat dan motivasi untuk terus menjaga kebersihan, mengelola sampah dengan baik khususnya di Kota Siak Sri Indrapura, dan Kecamatan lainnya se-Kabupaten Siak, sehingga kedepannya terbebas dari tumpukan sampah, dan pencemaran lingkungan.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Siak, kami juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, khususnya para petugas kebersihan yang telah membantu dalam menjaga kebersihan di Kota Siak Sri Indrapura, sehingga Penghargaan Adipura tahun 2023 bisa kita raih”, kata Husni.

Husni minta dengan di raihnya, Penghargaan Adipura 2023 ini, kedepannya Kabupaten Siak bisa meraih penghargaan tertinggi dari Penghargaan Adipura, yakni Penghargaan Adipura Kencana.

“Kedepannya, Pemerintah Kabupaten Siak akan berupaya untuk meraih Penghargaan Adipura Kencana, melalui Program-program dan Inovasi dalam meningkatkan kebersihan dan mengelola lingkungan khususnya sampah dengan sebaik mungkin di seluruh Kecamatan se-Kabupaten Siak”, harap Wabup Siak tersebut.

Sebelumnya, Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin minta Penghargaan Adipura memicu semangat mengatasi persoalan sampah di masing-masing wilayah.

“Saya harapkan program ini kedepan dapat terus diperkaya dengan ragam inovasi, sehingga mampu menyesuaikan dengan dinamika zaman serta perubahan arah kebijakan,” pinta Wapres RI Ma’ruf Amin.

Wakil Presiden Republik Indonesia tersebut juga berharap agar esensi Adipura tetap terjaga. Dia mengajak pemerintah daerah bekerja sama dengan masyarakat dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

“Seperti yang kita ketahui, banyak penyakit-penyakit yang biasa tertular lewat sampah, makanya, kita berharap di tahun 2050 kedepan, Indonesia sudah bebas dari masalah sampah,” tutup Amin.

( Inf Kab. Siak / Ivan )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *