Ketua Bawaslu Kota Pekanbaru Melantik 45 Orang Panwaslu Kecamatan Se-Kota Pekanbaru

PEKANBARU, Garda45.com – Dalam rangka persiapan Pilkada serentak 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pekanbaru melaksanakan pelantikan sekaligus pembekali anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se-kota Pekanbaru. Pelantikan yang berlangsung di Hotel Grand Elite, Jalan Riau, Pekanbaru pada Sabtu (25/05/24), dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Pekanbaru, Ferdy.

Acara pelantikan tersebut turut dihadiri oleh Kesbangpol yang mewakili Pemerintah Kota Pekanbaru, anggota Bawaslu Riau Amiruddin Sijaya, serta para komisioner Bawaslu Kota Pekanbaru seperti Misbah, Raja Inal Dalimunthe, Reni Purba, dan Taufik Hidayat. Tidak ketinggalan, hadir pula perwakilan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pekanbaru dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda).

Sebanyak 45 orang anggota Panwaslu Kecamatan dilantik dalam acara ini. Dari jumlah tersebut, 19 orang merupakan hasil seleksi terbuka dari kategori pendaftar umum atau pendaftar baru. Sementara itu, 26 orang lainnya merupakan hasil seleksi penilaian evaluasi kinerja Panwaslu Existing yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja (Pokja) Pembentukan Panwaslu Kecamatan Bawaslu Kota Pekanbaru.

Dalam pidatonya, Ferdy mengucapkan selamat kepada 45 orang anggota Panwaslu Kecamatan yang telah dilantik. Ia mengingatkan para anggota untuk menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan amanah.

“Setelah dilantik, saya minta agar para anggota Panwaslu segera bersilaturahmi dengan camat se-Pekanbaru sebelum melaksanakan tugas. Saat ini kita sudah memasuki tahapan persiapan Pilkada serentak 2024,” ujar Ferdy.

Selain itu, Ferdy juga menekankan pentingnya pemahaman regulasi di lapangan bagi anggota Panwaslu Kecamatan Pekanbaru. Ia meminta agar segera dilakukan seleksi Pengawasan Kelurahan/Desa, mengingat Pilkada memiliki kompleksitas yang lebih tinggi dibandingkan Pemilu.

“Pilkada lebih komplek dibandingkan Pemilu. Maka dari itu, anggota Panwaslu Kecamatan Pekanbaru harus paham betul regulasi yang ada. Jangan sampai kita berdebat dan adu mulut di lapangan, pahami regulasi. Selain itu, integritas harus dijaga dan profesionalisme dalam bekerja harus diutamakan. Jauhi dukungan politik tertentu,” tegas Ferdy.

Ferdy juga menekankan bahwa peran Panwaslu sangat vital dalam memastikan pelaksanaan Pilkada yang adil dan demokratis.

Dengan dilantiknya 45 anggota Panwaslu Kecamatan ini, Bawaslu Kota Pekanbaru semakin optimis dalam mengawal proses Pilkada yang akan datang.

Ferdy berharap seluruh anggota Panwaslu yang telah dilantik mampu menjalankan tugasnya dengan baik dan menjaga integritas serta netralitas demi terciptanya Pilkada yang adil dan demokratis.

“Kami percaya bahwa dengan komitmen dan kerja keras, Panwaslu Kecamatan Pekanbaru akan mampu menjalankan tugasnya dengan baik dan berkontribusi dalam mewujudkan Pilkada yang jujur, adil, dan demokratis. Selamat bertugas, jaga integritas, dan selalu utamakan kepentingan bangsa dan negara,” tutup Ferdy.

Penulis : KEND ZAI. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *