Jalan Bangau Sakti Siap Diaspal Ulang Setelah Pembangunan Drainase Rampung

PEKANBARU – Garda45.com – Jalan Bangau Sakti di Kecamatan Binawidya, Pekanbaru, tengah mengalami peningkatan infrastruktur besar-besaran. Setelah rampungnya pembangunan drainase, jalan ini akan segera di-overlay atau diaspal ulang. Minggu (7/7/24).

Proyek ini merupakan bagian dari upaya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru untuk memperbaiki kualitas jalan dan mengatasi masalah banjir yang kerap terjadi di daerah tersebut.

Dinas PUPR Pekanbaru telah menganggarkan Rp2,9 miliar untuk pembangunan drainase di Jalan Bangau Sakti. Proses pembangunan drainase ini saat ini tengah berlangsung, dan diharapkan dapat selesai tepat waktu.

Kepala Dinas PUPR Pekanbaru, Edward Riansyah, menjelaskan bahwa overlay akan dilakukan setelah pengerjaan drainase mencapai 70 persen.

“Pembangunan drainase Jalan Bangau Sakti sedang dikerjakan. Overlay akan dilakukan setelah pengerjaan drainase mencapai 70 persen,” kata Edward menjawab pertanyaan masyarakat melalui Garda45.com pada Minggu (7/7/2024) malam.

Selain pembangunan drainase, Dinas PUPR juga akan memasang box culvert atau gorong-gorong ukuran besar untuk memastikan aliran air dapat berjalan dengan lancar. Setelah seluruh tahapan pembangunan selesai, Jalan Bangau Sakti akan diaspal ulang dengan anggaran sebesar Rp4 miliar.

Edward menjelaskan bahwa selama ini Jalan Bangau Sakti tidak memiliki sistem drainase yang memadai. Akibatnya, air hujan melimpah ke jalan dan menyebabkan kerusakan pada badan jalan. Intensitas hujan yang tinggi serta pembuangan limbah rumah tangga yang tidak terkendali menjadi tantangan tersendiri bagi tim di lapangan.

“Intensitas hujan yang tinggi serta pembuangan limbah rumah tangga membuat tim di lapangan memiliki rintangan tersendiri. Akan tetapi, kami meyakini bahwa pengerjaan Jalan Bangau Sakti bisa dikerjakan sesuai target,” ungkap Edward.

Selain itu, Edward juga menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan ke saluran drainase. Hal ini penting untuk mencegah penyumbatan yang dapat menghambat aliran air dan merusak infrastruktur yang sudah dibangun.

Proyek peningkatan infrastruktur ini tidak hanya bertujuan untuk memperbaiki kualitas jalan, tetapi juga untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan bagi pengguna jalan. Dengan adanya drainase yang baik, diharapkan masalah banjir yang kerap terjadi di Jalan Bangau Sakti dapat diatasi, sehingga lalu lintas dapat berjalan dengan lancar tanpa gangguan.

Selain Jalan Bangau Sakti, Dinas PUPR Pekanbaru juga memiliki sejumlah proyek infrastruktur lainnya yang sedang dan akan dikerjakan. Edward menjelaskan bahwa pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan kualitas infrastruktur di berbagai wilayah Kota Pekanbaru.

“Peningkatan kualitas infrastruktur merupakan prioritas kami. Kami terus berupaya untuk memperbaiki dan membangun infrastruktur yang lebih baik di berbagai wilayah Kota Pekanbaru. Kami berharap masyarakat dapat mendukung dan turut menjaga infrastruktur yang sudah dibangun,” tambahnya.

Dengan adanya proyek ini, diharapkan Kota Pekanbaru dapat menjadi kota yang lebih baik dan nyaman untuk ditinggali. Peningkatan infrastruktur seperti pembangunan drainase dan overlay jalan akan memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama dalam hal kelancaran lalu lintas dan pengurangan risiko banjir.

“Dengan kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat, saya yakin kita bisa mewujudkan Pekanbaru yang lebih baik. Infrastruktur yang baik akan memberikan dampak positif bagi perekonomian dan kualitas hidup masyarakat,” tutup Edward.

Dengan demikian, proyek pembangunan drainase dan overlay Jalan Bangau Sakti menjadi salah satu contoh nyata dari upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas infrastruktur di Kota Pekanbaru. Diharapkan proyek ini dapat berjalan lancar dan selesai tepat waktu, sehingga manfaatnya dapat segera dirasakan oleh seluruh masyarakat.

KEND ZAI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *