Dandim 0301 Pekanbaru Didampingi Ketua Persit Hadiri Ziarah Makam Marhum Pekan dan Petang Belimau

PEKANBARU, Garda45.com – Komandan Kodim 0301/Pekanbaru Letkol Inf Sri Marantika Beruh, S.Sos., M.I.Pol., didampingi Ketua Persit KCK Cab L Dim 0301 Pekanbaru Ny. Merani Sri Marantika Beruh menghadiri ziarah Makam Marhum Pekan bertempat di Masjid Raya Pekanbaru Jalan Senapelan dan Petang Belimau bertempat di Rumah Singgah Tuan Khadi Jalan Perdagangan Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru, Senin, 11 Maret 2024.

Turut Hadir dalam acara tersebut Pj. Gubernur Riau diwakili Kadis Pariwisata Roni Rakhmat, S.STP., M. Si, Pj.Walikota Pekanbaru Muflihun, S. STP., M. AP, Ketua DPRD Kota Pekanbaru M.Sabarudi, S.T, Dandim 0301/Pbr Letkol Inf Sri Marantika Beruh, S. Sos.,M. I. Pol, Kapolresta Pekanbaru diwakili Kabag Sumda Kompol Wahariyana, Kajari Kota Pekanbaru Asep Sontani Sunarya, S.H., Cn, Kepala Pengadilan Negeri Pekanbaru Mashuri Effendi, S.H.,M.H, Kadispers Lanud RSN Letkol Adm Yuniar Budiharto Fary, S.H, Danyon Arhanud 13/Pby diwakili Wadanyon Arhanud Kapten Arh Sukses Arbayu, M.Han, Danyon 462 Kopasgat Letkol Pas Anang Kurniawan, M.Han, Sekda Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, S.T., M.Si, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru Drs. Lazuarman, M.Ag, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau Panji Ahmad, Kepala Basarnas Kota Pekanbaru Budi Cahyadi Kasatpol PP Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian, Ap., M.Si, Ketua Masjid Raya Pekanbaru H. Yuli Usnan, S.T, Ketua LAM Pekanbaru Muspidawan, Ketua IPP (Ikatan Putra Pekanbaru) H.Tengku Abdul Rahman, Para Asisten I, II, III Kota Pekanbaru, Para Staf Ahli Setdako Pekanbaru, Para Kepala OPD Kota Pekanbaru, Camat dan Lurah Sekota Pekanbaru, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama, Para Sesepuh, Cerdik Pandai, Pimpinan Organisasi, Seniman, Budayawan.

Kegiatan Ziarah pada pendiri kota Pekanbaru ini makin penuh makna dengan diisi penyampaian sejarah sejarah kilas balik dari awal berdirinya kota Pekanbaru, setelah itu para Forkopimda dan tamu undangan melakukan ziarah ke pusara dari pendiri Kota Bertuah. Tak lupa doa dan tabur bunga pun disampaikan. Sebelum melakukan pawai berarak menuju lokasi belimau rumah singgah Tuan Khadi, para Petinggi Kota Pekanbaru menyempatkan untuk melakukan sholat Ashar berjamaah.

Dalam sambutannya pada acara Petang Balimau, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun menyampaikan bahwa kegiatan ini sekaligus momentum bagi warga Kota Pekanbaru untuk bersatu paduan menyamakan persepsi untuk berpartisipasi membangun kota Pekanbaru dengan perannya masing-masing. Kemajuan Pekanbaru akan sangat berpengaruh pada tekad bulat seluruh masyarakat untuk bergandeng tangan demi pembangunan.

“Petang Balimau ini juga akan kita jadikan event nasional dengan berbagai atraksi yang lebih meriah di tahun-tahun mendatang. Karena itu, saya yakin dengan tekad bulat bersama event ini akan menjadi event nasional sehingga mengangkat nama kota kita ke kancah nasional yang tentu akan berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan warga kota Pekanbaru,” ujar Muflihun.

Petang Balimau ini sekaligus juga merupakan awal mulanya rangkaian kegiatan gerakan nasional bangga buatan Indonesia bangga berwisata di Indonesia (BBI/BBWI) tahun 2024 di provinsi Riau selama 3 bulan kedepan hingga puncak acara ceremony yang bertepatan dengan HUT Kota Pekanbaru pada tanggal 23 Juni 2024.

“Event ini harus dapat kita sukseskan secara bersama sama demi memperkenalkan pariwisata di kota Pekanbaru pada dunia Internasional,” katanya.

Acara festival Lancang Kuning merupakan even provinsi yang dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan karakter Korwil 1 apeksi di Pekanbaru yaitu dari tanggal 1-5 Mei 2024 kegiatannya ada tarian pawai budaya dan banyak lagi pergelaran seni.

Pada kesempatan tersebut Pj Walikota Muflihun juga menyampaikan beberapa program unggulan kota Pekanbaru yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat kota Pekanbaru. Program yang diberi nama Piro Tes oleh Pemko Pekanbaru mempunyai berbagai program. Diantara program pemerintah Kota Pekanbaru tahun 2004 sebagai berikut:

1). program torder on call atau kunjungan dokter ke rumah yaitu program pelayanan kesehatan khususnya untuk warga kurang mampu

2). program bantuan subsidi bunga yaitu bantuan subsidi pembayaran bunga pinjaman modal yang diberikan kepada pelaku UMKM

3). program beasiswa bagi siswa yang kurang mampu dan siswa yang berprestasi

4). program santunan kematian yaitu bantuan santunan uang duka kepada masyarakat miskin dan kurang mampu sebanyak 1 juta rupiah

5). program jaminan kesehatan Pekanbaru tertua UHT yaitu layanan kesehatan berobat gratis bagi warga ber KTP Pekanbaru khususnya untuk warga miskin dan kurang mampu.

Selanjutnya pada kesempatan yang sam Pj Walikota Muflihun juga menyampaikan kebijakan dalam persoalan anggaran.Hal ini agar bisa terus menjalankan program prioritas.

“Dalam 2 tahun terakhir pemerintah pekanbaru berupaya melakukan kebijakan prioritas anggaran kepada program-program yang pro kerakyatan serta mensukseskan program pemerintah pusat khususnya mengatasi masalah stunting dan kemiskinan ekstrem pemerintah kota Pekanbaru terus memprioritaskan perbaikan infrastruktur pengelolaan sampah dan peningkatan layanan pemerintah dalam berbagai bidang.karena itu saya mewakili Pemerintah Kota pekanbaru mengajak kita semua warga Kota Pekanbaru untuk berpartisipasi aktif merawat dan menjaga kota yang kita cintai ini agar kota ini terus tumbuh menjadi kota yang maju dan memberikan penghidupan yang layak bagi kita semua,”terang Pj Walikota.

“Pemerintah kota Pekanbaru juga memiliki program terbaru di tahun 2004 yaitu Pekanbaru bertani di mana masyarakat akan diberikan bibit tumbuh-tumbuhan serta hewan ternak sesuai kebutuhan yang ada di kecamatan guna membuka lapangan kerja pekerjaan baru yang bertujuan untuk memulai mengurangi pengangguran di kota pekanbaru”.

Pj Walikota Pekanbaru juga menghimbau agar masyarakat bisa bersikap bijak dalam menghadapi tahun politik 2024.Setelah sukses melaksanakan Pemilu serentak juga akan diikuti dengan Pilkada serentak.

“Dalam dalam tahun politik ini kita masih punya satu agenda penting yaitu mensukseskan pemilihan kepala daerah baik pemilihan Gubernur Riau maupun Walikota Pekanbaru yang insya Allah akan diselenggarakan pada bulan November tahun ini Mari bersama-sama menjaga kondusifitas kota Pekanbaru yang kita cintai ini dan Mari bersama-sama membangun kota Pekanbaru agar menjadi kota yang maju Dan unggul dalam berbagai bidang.”terang Muflihun

“Kepada seluruh masyarakat dan peserta petang Balimau Saya berpesan agar bisa mengikuti kegiatan ini dengan tertib dengan terus mematuhi aturan yang ada serta ikut arahan panitia dan jangan kotori kegiatan budaya kita ini dengan hal-hal yang melanggar adat budaya dan norma-norma agama, jaga keamanan ketertiban keselamatan, jaga keluarga dan Mari kita semuanya berhati-hati jangan ada kegiatan kita sore ini dengan hal-hal yang tidak baik dan buktikan diri sendiri maupun orang banyak”

Diakhir sambutannya Pj Walikota Muflihun tak lupa menyampaikan selamat mejalankan ibadah puasa pada seluruh masyarakat kota Pekanbaru.Dirinya bersama seluruh Forkopimda dan bawahan menyampaikan permintaan maaf atas pelayanan yang kurang maksimal pada masyarakat selama ini.

“Izinkan saya atas nama pemerintah kota Pekanbaru dan keluarga mengucapkan selamat menyambut bulan suci Ramadan 1445 Hijriyah 2024 m Muhammad lahir dan batin mari bersama kita membangun kota kota ini dengan menjaga merawat dan menyelesaikan kota Pekanbaru yang kita cintai ini.”

Kemeriahan acara Petang Balimau makin terasa semarak dengan dilakukan pemukulan bedug oleh Forkopimda Kota Pekanbaru sebagai tanda pembukaan.Dalam kesempatan itu juga dilakukan pemandian balimau pada anak yatim serta pemberian santuan.Acara menyambut bulan Ramadhan tahun ini baru selesai pada pukul 17.30.WIB.

Sumber : Pendim 0301/Pekanbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *