Sebuah Rumah di Maliwaa Hangus Terbakar, Diduga Api Berasal Dari Dapur

Keterangan Foto : Rumah Milik Auguslika Waruwu (Kiri), Wartinus Gea, Ketua Karang Taruna Desa Maliwaa (Kanan).

NIAS, Garda45.com – Sebuah rumah Full Papan milik Auguslika Waruwu Alias A.Faris Waruwu, warga Sukaramai Jl. Produksi RT 008, Desa Maliwa’a, Kecamatan Idanogawo, Kabupaten Nias, Sumut hangus dilalap sijago merah. Untuk Semetara, Diduga sumber api yang membakar rumah milik Auguslika, berasal dari hasil pembakaran kayu bakar di tungku dapur. Selasa (12/7/22).

Informasi yang di himpun kru Garda45.com, Kebakaran rumah milik Auguslika Waruwu Alias A.Faris Waruwu itu terjadi sekitar pukul 17.30 wib hanya dalam tempo beberapa jam seluruh bangunan dan beserta isinya hangus terbakar. Namun, tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir juta rupiah.

Menurut salah satu saksi yang ikut serta membantu memadamkan api, Wartinus Gea (A. Nila Gea) yang sekaligus sebagai Ketua Karang Taruna Desa Maliwa’a, bahwa kebakaran rumah tersebut bermula ketika salah seorang warga, Murniwati Hura, yang tengah bekerja dikebunya berjarak 100 meter dari lokasi kebakaran curiga melihat kepulan asap keluar dari atap rumah Auguslika Waruwu lantas berteriak meminta pertolongan.

Mendengar suara pertolongan tersebut,
beberapa warga yang tengah bergotong royong tepat di Jl. Produksi yang dikoordinir oleh Ketua Karang Taruna Desa Maliwa’a, Wartinus Gea lantas memberikan komando untuk segera melakukan Pemadaman.

Setelah itu, Ketua Karang Taruna Desa Maliwa’a sigap langsung menghubungi Kepala Desa Maliwa’a Adilwan GEA. Adilwan Gea memberikan arahan untuk mengamankan orang yang berada didalamnya dan barang-barang yang bisa diselamatkan. Namun, alhasil, jiwa manusia bisa diselamatkan tapi barang barang hangus terbakar.

“Saat kejadian, pemilik rumah telah Pergi Kepasar untuk menjual Getah Karet. Sementara warga bahu-membahu menggunakan peralatan seadanya berusaha memadamkan api, ” ujar Wartinus Gea dengan nada sedih.

Karena alat seadanya, sambung Wartinus, api pun tidak bisa di jinakkan sehingga rumah serta isinya hangus terbakar.

“Kami sudah berupaya mematikan apinya dengan menyiram air. Tapi karena alat yang kami gunakan hanya ember kecil sehingga api pun susah untuk dimatikan. Dalam peristiwa tersebut tidak ada Korban Jiwa namun isi rumah ludes terbakar,” kata Ketua Karang Taruna Desa Maliwaa itu.

Sementara, Kepala Desa Maliwaa, Adilwan Gea saat di Konfirmasi melalui  telfon gegamnya membenarkan insiden kebakaran tersebut. Namun, pihaknya mengaku tidak mengetahui persis penyebab kebakaran tersebut.

“Iya. Namun kami masih belum tau persis penyebab kejadian kebakaran tersebut, ” cakap Kades.

Menurut orang nomor satu di Desa Maliwaa ini bahwa, Auguslika Waruwu Alias A.Faris Waruwu berkependudukan Desa Olindrawa Sisarahi Kecamatan Sogaeadu.

“Mereka tinggalnya di Wilayah RT 008 Sukaramai Dusun I Desa Maliwa’a, tapi mereka berkependudukan Desa Olindrawa Sisarahi Kecamatan Sogaeadu. Walau demikian, nanti kami coba telusuri seperti apa kejadianya dan akan berupaya cari solusi,” singkat Kades Maliwaa yang tidak asing di Mata publik itu.

Kepala Desa Olindrawa Sisarahi,  Kecamatan Sogaeadu, ketika di Konfirmasi Kru Media ini. Namun, hingga di tayangkan pemberitaan ini belum bisa terkonfirmasi.

Reporter : KEND ZAI.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*