SMP Negeri 2 Somambawa Nias Selatan Terpilih Sebagai Sekolah Penggerak Kuriklum Merdeka

NISEL, Garda45.com – Team fasilitator Kurikulum Merdeka dari Provinsi Sumatera Utara mendatangi SMP N 2 Somambawa, Kabupaten Nias Selatan untuk melakukan Observasi tentang sarana prasarana pembelajaran dalam melaksanakan pendidikan berbasis Kurikulum Merdeka, Selasa (1/11/22).

Sekolah menengah pertama Negeri 2 Kec. Somambawa Kab.Nisel Sumut, adalah salah satu sekolah penggerak kurikulum Merdeka, setelah mengikuti tes verifikasi dari menteri Pendidikan lewat dinas pendidikan Prov. Sumut.

Dalam acara penyambutan fasilitator kurikulum adalah SMP N 2 Somambawa menyambut kedatangan pak T.Tambunan sebagai Fasilitator Kurikulum dengan tradisi adat penyambutan tamu istimewa di pulau nias yaitu siswi melakukan tarian dan pemberi sekapuh sirih sedangkan sebagian siswanya melakukan penyambutan dengan cara menjemput pakai silat (rande). Dan di lakukan pengalungan bunga kepada bapak Tambunan bersama nyonya dan juga kepada bapak koordinator pengawas pendidikan Nias Selatan. Dalam acara ini juga di hadiri oleh salah satu tokoh masyarakat setempat.

Dalam pada itu, kepala sekolah SMP Negeri 2 Somambawa A. Halawa dalam kata pembukaanya menyampaikan rasa syukur dan terimakasih atas terpilihnya sekolah SMP Negeri 2 Somambawa sebagai sekolah penggerak kurikulum. Ia tak lupa juga mengucapkan terimakasih atas kedatangan Bapak T. Tambunan.

“Terimakasih atas kedatangan bapak T. Tambunan dalam hal melakukan observasi sekolah kami sebagai sekolah penggerak kurikulum merdeka dan juga terimakasih banyak atas kedatangan pak Laia sebagai koordinator pengawas Pendidikan di Nias Selatan, “ujarnya.

Selain itu, ia juga melaporkan bahwa dalam mengikuti seleksi sekolah tersebut ada banyak persiapan yang harus disiapkan.

“Pada kesempatan ini saya laporkan bahwa jumlah siswa/i dari kelas VII s/d IX adalah 74 orang, dikarenakan jumlah penduduk di sekitaran SMP ini kurang memadai, dan kami sangat mengharapkan masukan saran dari bapak fasilitator juga dari bapak pengawas dari dinas pendidikan nias selatan, “harapnya.

Salah seorang tokoh masyarakat dalam sambutanya menyampaikan bahwa dirinya merasa bangga dan senang atas terpilihnya sekolah SMP Negeri 2 Somambawa sebagai sekolah penggerak kurikulum merdeka.

“Saya bangga dan senang melihat sekolah kita terpilih sebagai sekolah penggerak kurikulum merdeka. Artinya ada kemajuan dari tahun tahun sebelumnya dan walapun jumlah siswa/i sangat minim tidak berpatokan kita dari kuantitasnya akan tetapi kualitaslah yang kita utamakan,” ujarnya

“Terimakasih juga terhadap bapak T. Tambunan sebagai team fasilitator dan pengawas pendidikan Nias selatan atas kedatanganya di sekolah kita ini. Saya mengharapkan agar perhatian dari pemerintah untuk lebih lagi agar menunjang sarana prasaran pembelajaran di sekolah kita ini sehingga siswa/i nya bisa menyaingi siswa/i di sekolah-sekolah kota sana,” tutupnya

Koordinator pengawas pendidikan Nias Selatan, S. Laia, menyampaikan bahwa dari sekian ratus sekolah SMP di Nias Selatan ini hanya 7 sekolah yang terpilih menjadi sekolah penggerak dan termasuk sekolah SMP N 2 Somabawa.

“Dan bila ada keluhan bapak ibu yang menjadi kebutuhan dalam kegiatan belajar mengajar agar menyampaikan pada kami untuk bisa kita bantu, “cetusnya.

Sementara itu, T. Tambunan menyampaikan, “Tujuan kedatangan kami disini adalah untuk melakukan observasi sarana prasarana kegiatan belajar mengajar sebagai sekolah penggerak kurikulum merdeka dan tentunya apa yang bapak ibu masih ragu ragu dalam menjalankan kegiatan ini kami siap untuk memberikan petunjuk, “sampaikan T. Tambunan dalam arahanya.

Acara demi acara telah selesai dilanjutkan dengan kata penutup yang disampaikan salah satu guru tenaga pengajar di SMP N 2 Somambawa, S.Hulu.

“Terimakasih atas kedatangan bapak fasilitator dan pengawas pendidikan Nias Selatan juga tokoh masyarakat semoga pesan dan masukan bapak ibu menjadi motivasi besar untuk kami dalam mempertahankan sekolah kita ini sebagai sekolah penggerak, “tutupnya .

Reporter : On Tafon

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*